Ahlussunnah wal Jamaah dan Tazkiyatun Nufus

Pensucian jiwa adalah masalah yang sangat penting dalam Islam, bahkan merupakan salah satu tujuan utama diutusnya Nabi kita Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam. Allah ta’ala menjelaskan hal ini dalam bentuk ayat al-Qur’an diantaranya firman Allah ta’ala:
كَمَآأَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولاً مِّنكُمْ يَتْلُوا عَلَيْكُمْ ءَايَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُم مَّالَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ

“Sebagaimana (Kami Telah menyempurnakan nikmat kami kepadamu) kami Telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab (al-Qur’an) dan Al-Hikmah (as-Sunnah), serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.” (QS. Al-Baqoroh: 151)

Para ceramah berikut ini akan disampaikan tentang bagaimanakah pembersihan jiwa/ tazkiyatun nufus dalam pandangan ahlussunnah wal jamaah. Ceramah ini disampaikan oleh Ust. Abdulloh Taslim Lc, MA di Masjid Al-Amin Surabaya pada tanggal 2 Maret 2010. Terima kasih kepada Akh Rama yang merekam kajian ini, Jazahullah khoiron.

Sumber: akh maramissetiawan.wordpress.com via salafiyunpad.wordpress.com

Ahlussunnah wal Jamaah dan Tazkiyatun Nufus

Al-Wala’ Wal Bara’

Definisi al-wala’ wal bara’

Wala’ adalah kata mashdar dari fi’il “waliya” yang artinya dekat. Yang dimaksud dengan wala’ di sini adalah dekat kepada kaum muslimin dengan mencintai mereka, membantu dan menolong mereka atas musuh-musuh mereka dan bertempat tinggal bersama mereka.

Sedangkan bara’ adalah mashdar dari bara’ah yang berarti memutus atau memotong. Maksudnya di sini ialah memutus hubungan atau ikatan hati dengan orang-orang kafir, sehingga tidak lagi mencintai mereka, membantu dan menolong mereka serta tidak tinggal bersama mereka.

Kedudukan Al-Wala’ Wal Bara’ Dalam Islam

Di antara hak tauhid adalah mencintai ahlinya yaitu para muwahhidin, serta memutuskan hubungan dengan para musuhnya yaitu kaum musyrikin. Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, RasulNya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah). Dan barang-siapa mengambil Allah, RasulNya dan orang-orang yang beri-man menjadi penolongnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang.” (Al-Maidah: 55-56)

Sumber : Sumber: Radio Suara Qur’an 94,4 FM via moslemsunnah.wordpress.com

Al-Wala’ Wal Bara’

Anjuran Zuhud

Kajian Syarah Hadiits Arba\’in Nawawi bersama Ustadz Abdullah Taslim.

Sumber : Andi RuswandiSyarah via archive.org

Anjuran Zuhud

Bagaimana Para Salaf Memilih Guru

Para salaf sangat memperhatikan dalam hal kepada siapa mereka mengambil ilmu. Mereka melihat keadaan amalan sunnah yang dia tegakkan dan akhlaq mereka dalam pergaulan harian. Para salaf banyak meninggalkan orang yang dianggap berilmu karena dia tidak menjaga lisannya, cara sholatnya yang tidak sesuai sunnah dan perkara-perkara yang lainnya. Maka hendaklah menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak hanya melihat orang karena keilmuannya tapi juga karena akhlaq dan amalan sunnah yang dia tegakkan. Bagaimana kita akan mengambil ilmu dari orang yang berakhlaq buruk?!. Demikian ringkasan materi yang disampaikan Ust Abdulloh Taslim MA, direkam di Studio Radio Suaraquran Solo 10 April 2010.

Sumber : suaraquran.com

Bagaimana Para Salaf Memilih Guru

Berpegang Kepada Sunnah

Kajian Ustadz Abdullah Taslim, tanggal 29 Juli 2008.

Sumber : Kiriman Andita Selybestoro via Milis Assunnah

Berpegang Kepada Sunnah


Bingkisan Bagi Perindu Surga

Keutamaan Ilmu Tanya Jawab

Keutamaan ilmu

Nasihat Agar Semangat Ngaji

Dauroh Duat Solo 2010

Download Dauroh Du’at Solo 2010 Bersama Lima Ustadz Ahlus Sunnah
Alhamdulillah, pelaksanaan kajian ini berjalan dengan lancar dan diikuti oleh ribuan kaum muslimin dari berbagai kota : Jakarta, Bandung, Madiun, Semarang, Pati, Salatiga, Jogja dan sekitar Wilayah Solo. Dan juga para peserta sangat bersemangat dalam mengikuti kajian yang cukup panjang dan melelahkan ini, walaupun materi kitab belum selesai namun faidah yang sangat banyak dirasakan oleh para peserta yang hadir. Nasehat dan ilmu serta berkumpulnya para du?at adalah suatu nikmat yang harus kita syukuri dan insyaalloh kajian akan bersambung pada kesempatan tahun depan untuk menyelesaikan materi yang belum dibahas. Kami mengucapkan jazakalloh khoiron kepada panitia dan donatur yang membantu terlaksananya kegiatan tersebut. Antum bisa mendownload kajian para asatidzah yang hadir pada kajian tersebut.

Meneladani Dakwah Rasulullah 02a

Meneladani Dakwah Rasulullah 02b

Dauroh Tuban Hilyah Tholabul Ilmi

1 Dauroh Tuban Hilyah Tholabul Ilmi

2 Dauroh Tuban Hilyah Tholabul Ilmi

3 Dauroh Tuban Hilyah Tholabul Ilmi


Istiqomah

Sesungguhnya keistiqomahan merupakan perkara yang sangat agung yang didambakan oleh setiap muslim. Bagaimana tidak, sementara setiap hari dia meminta kepada Allah dalam setiap raka’at sholat keistiqomahan di atas jalan yang lurus. Oleh sebab itu sebagian ulama salaf mengatakan bahwa, ‘al-Istiqomatu laa yuthiiquha illal akaabir’ artinya: ‘tidak ada yang sanggup untuk istiqomah kecuali orang-orang yang berjiwa besar’.

Maka seorang muslim harus berusaha untuk mengenali hakekat jalan yang lurus dan memohon kepada Allah agar senantiasa membimbingnya untuk tidak menyimpang darinya hingga kematian tiba. Allah sendiri yang memerintahkan kita untuk istiqomah dengan firman-Nya ‘wa laa tamuutunna illa wa antum muslimuun’ artinya: ‘Janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan sebagai muslim’.

Berikut ini link downlad kajian yang membahas tentang istiqomah yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim, Lc. semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : audio.assunnah.web.id

Istiqomah

Kaidah-kaidah Penerapan Al Wala’ wal Bara’ (Solo, 13 Juni 2010)

Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini, kami hadirkan rekaman Dauroh Solo bersama Al Ustadz Abdullah Taslim, M.A di Masjid Al Karim, Pabelan, Solo (Ahad, 13 Juni 2010) dengan tema Kaidah-kaidah dalam Penerapan “Al Wala’ wal Bara’” Semoga penjelasan beliau pada kajian ini bermanfaat bagi kita.

Kaidah Penerapan Al Wala wal Bara

Kehidupan Dunia

Kehidupan Dunia

Keutamaan Ilmu

Alhamdulillah, berikut ini kami berikan rekaman kajian yang disampaikan oleh Al Ustadz Abdullah Taslim hafizhahullah di Kota Bandung pada tahun 2008 silam. Kajian ini mengambil tema KEUTAMAAN ILMU. Semoga nasihat beliau bermanfaat bagi kita. [salafiyunpad]

01 Keutamaan Ilmu

02 Keutamaan Ilmu

03 Keutamaan Ilmu Tanya Jawab

Kiat Ikhlas

Kiat Ikhlas

Menggapai Manisnya Iman

Rekaman kajian Ustadz Abdullah Taslim -hafizhahullah- yang diselenggarakan di UNS Solo beberapa tahun yang lalu. Kajian ini mengambil tema MENGGAPAI MANISNYA IMAN. Silakan dengarkan kajian ini dengan baik, agar kita pun bisa merasakan kemanisan iman seperti yang telah dirasakan oleh para pendahulu kita yang shaleh. Amin.

Sumber : http://salafiyunpad.wordpress.com

Menggapai Manisnya Iman


Menghidupkan Sunnah-sunnah yang Ditinggalkan (Madiun, 13 Juni 2010)

Bagaimana cara meneladani dan menghidupkan sunnah-sunnah Beliau, simak uraian Ust. Abdulloh Taslim, MA dg tema ?MENHIDUPKAN SUNNAH-SUNNAH YANG DITINGGALKAN? yang diselenggarakan di Masjid Agung Baitul Hakim Madiun Jl. Aloon-aloon barat Madiun (Ahad, 13 Juni 2010).

[Salafiyunpad]

Menghidupkan Sunnah-sunnah yang Ditinggalkan 01

Menghidupkan Sunnah-sunnah yang Ditinggalkan 02


Menghidupkan Sunnah Yang Ditinggalkan

Pembahasan kali ini ditujukan kepada semua yang menisbatkan dirinya sebagai ahlus sunnah. Dalam pembahasan kali ini juga akan diterangkan semangat para ulama dalam mengamalkan sunnah. Karena mereka mengetahui keutamaan dari mengamalkan sunnah.

Silahkan download penjelasannya oleh Ustadz Abdullah Taslim, hafidzahulloh

Materi : Menghidupkan sunnah yang ditinggalkan
Pemateri : Ustadz Abdullah Taslim Lc, MA, hafidzahulloh
Tempat : Masjid Al-Amin Surabaya (Semampir Tengah 3A no 25)
Waktu: Selasa, 19 Januari 2010, ba’da maghrib – selesai

Sumber : alqiyamah.wordpress.com

Menghidupkan Sunnah Yang Ditinggalkan 001

Menghidupkan Sunnah Yang Ditinggalkan 002

Merasakan Kelezatan Iman (Kajian SMA 1 Pomalaa)

Alhamdulillah pada kesempatan ini, kami hadirkan rekaman kajian yg dibawakan oleh Ust Abdullah Taslim hafidhahullah dengan tema MERASAKAN KELEZATAN IMAN. Kajian ini diselenggarakan di Masjid SMA 1 Pomalaa (ba’da maghrib 01 Juni 2010) ketika beliau berkunjung ke kota Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Semoga penjelasan beliau pada kajian ini bermanfaat bagi kita semua.

[Salafiyunpad]

Merasakan Kelezatan Iman

Metode ahlus sunnah dalam mengkritik

metode ahlus sunnah dalam mengkritik

Mewaspadai Penyimpangan Aqidah (Solo, 14 Juni 2010)

Berikut ini kami hadirkan rekaman Kajian Umum bersama Al Ustadz Abdullah Taslim, M.A di Studio Radio Suara Quran 94.4 FM Solo. Pada kesempatan kali ini, beliau membahas sebuah materi berjudul MEWASPADAI PENYIMPANGAN AQIDAH. Semoga kajian ini bermanfaat bagi seluruh kaum Muslimin.

[Salafiyunpad]

Mewaspadai Penyimpangan dalam Aqidah

Pendidikan Anak

Pendidikan anak merupakan hal yang sangat penting dalam islam, bahkan merupakan pilar utama dalam islam. Banyak contoh dari Rasululloh صلى الله عليه وسلم tentang metode pendidikan anak, bahkan ajaran islam tidak bisa dibandingkan teori di luar islam dalam menjadikan anak sholih dan sholihah.

Maka para orangtua perlu menyadari untuk kembali menjadikan anaknya adalah amanah yanh harus dididik agar menjadi generasi yang baik, karena keutamaan mendidik anak sangatlah besar dan amalan yang sangat utama. Bagaimana menyikapi keadaan zaman ini agar selamat anak-anak kita dari pengaruhnya? Apa solusi islam dalam menyikapi pendidikan modern saat ini? Insyaalloh antum temukan dalam kajian ini, direkam tanggal 5 maret 2010 di Studio Suaraquran dengan narasumber Ustadz Abdullah Taslim MA.

Sumber : moslemsunnah.wordpress.com

Pendidikan Anak

Perjalanan Menuju Kampung Akhirat

Alhamdulillah wahai saudaraku, silakan download rekaman kajian bersama Al Ustadz Abdullah Taslim, M.A dengan tema yang sangat menarik, “PERJALANAN MENUJU KAMPUNG AKHIRAT” yang diselenggarakan di Kota Solo beberapa waktu silam. Semoga nasihat-nasihat indah beliau dalam kajian ini bisa bermanfaat bagi kita.

Sumber : salafiyunpad.wordpress.com

Perjalanan Menuju Kampung Akhirat 01

Perjalanan Menuju Kampung Akhirat 02

Perjalanan Menuju Kampung Akhirat 03

Waspadai Penyimpangan ‘Aqidah

Waspadai Penyimpangan ‘Aqidah

Bagi seorang muslim, keharusan memiliki akidah yang benar merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi. Baginya, akidah yang benar kedudukannya seperti kepala bagi jasad. Di atas akidah yang benar inilah akan dibangun segala amal perbuatannya, yang nantinya akan menentukan bermanfaat atau tidak amalan tersebut di hadapan Allah.

Kerusakan terbesar yang menodai kesucian fitrah setiap insan adalah penyimpangan di dalam aqidah. Kerusakan inilah yang menjadi tujuan akhir dari setiap gerakan setan, yang berlayar dan berlabuh di atas kesucian fitrah manusia dengan senjata yang sulit tertandingi kecuali oleh orang-orang yang mendapat rahmat dan taufik serta hidayah dari Allah.

Bagaimana kita menyikapi kelompok yang mengingkari syafaat, ruqyah syar’iyyah, menghalalkan yang haram, tidak hikmah dalam dakwah bahkan meninggalkan para ulama. Simak kajian bersama Ustadz Abdulloh Taslim direkam di Studio Radio Suaraquran 14 Juni 2010

Sumber : Radio Suara Qur’an 94,4 FM via moslemsunnah.wordpress.com

Waspadai Penyimpangan ‘Aqidah

Sumber : Kajian.net